Rabu, 07 September 2016

Mensiasati Cover Note

Cover note sebagai surat keterangan atau sering diistilahkan sebagai catatan penutup yang di buat oleh Notaris. Cover note dikeluarkan oleh Notaris karena Notaris belum tuntas pekerjaannya dalam kaitannya dengan tugas dan kewenangannya untuk menerbitkan akta otentik. cover note untuk menerangkan bahwa akta yang akan dikeluarkan masih dalam proses berjalan. Untuk menerangkan bahwa sertifikat hak tanggungan sebagai rumusan atau prasyarat lahirnya perjanjian ikatan jaminan dari perjanjian pencairan kredit oleh Bank, kemudian Bank dapat melakukan pencairan kredit. 

Pihak bank baru akan mencairkan dana kepada pihak developer, bila pihak notaris tempat akad jual beli dilangsungkan berkenan mengeluarkan cover note sebagai surat jaminan bahwa proses sertifikat hak tanggungan sudah berjalan di kantor BPN.

Dalam kasus pencairan dana perumahan pemuda regency nomor kavling 3 an. Budi, terjadi keterlambatan pencairan dana dari bank hampir 1 minggu, tentu hal ini memberatkan bagi developer karena merupakan faktor penghambat cash in bagi perusahaan, waktu 1 minggu adalah cukup lama bagi urusan cover note setelah akad. oleh karena itu perlu disiasati agar tidak terjadi dikemudian hari.

berdasarkan saran dari notaris Teguh, cara mensiasatinya adalah sertifikat rumah yang akan diakadkan, jauh hari sebelum akad dilangsungkan dinotaris perlu disiapkan dan dititipkan/diserahkan dinotaris agar proses sertifikat hak tanggungan langsung diproses sebelum akad dilangsungkan, sehingga ketika akad sudah terlaksana tidak lama dari itu notaris sudah bisa mengeluarkan cover note


0 komentar: